Oleh: suryanto25 | November 28, 2009

PERATURAN PERMAINAN FUTSAL

JUMLAH PEMAIN

Seperti halnya dalam sepak bola konvensional, dimana dalam setiap pertandingan dimainkan oleh dua tim bedanya dalam sepak bola biasa masing-masing tim terediri dari 11 pemain ( termasuk seorang kiper) dalam pertnadingan futsal setiap tim terediri 5 pemain (termasuk kiper)

PERGANTIAN PEMAIN

Pergantian pemain boleh dilakukan sewaktu-waktu selam pertndingan berlangsung dengan mengikuti peraturan kompetisi resmi yang ditetapkan FIFA, konfederasi atau asosiasi futsal.

Batas maksimal untuk pemain cadangan tujuh orang dan selama pertandingan pergantian pemain tidak dibatasi. Bahkan pemain yang sudah diganti dapat bermain kembali untuk mengganti rekan pemain  yang lain. Pergantian pemain dapat dilakukan kapan saja baik saat bola dimainkan ataupun sebaliknya. Hal ini tentu saja tidak ditemukan dalam sepakbola biasa.

  • Pergantian pemain dapat dilakukan baik pada saat bola di dalam maupun di luar permainan dengan mengikuti persyaratan-persyaratan sebagai berikut:
  • Pemain yang akan meninggalkan lapangan harus melakukakannya di area pergantian sendiri.
  • Demikianpun sebaliknya, pemain yang akan memasuki lapangan harus melakukannya di area pergantian sendiri, tetapi dilakukan setelah pemain yang diganti teloah melewati garis batas lapangan.
  • Pergantian pemain sangat bergantung kepada kewenangan wasit, apakah dipanggil untuk bermain atau tidak.
  • Rgantian dianggap sah apabila pemain pengganti telah masuk lapangan, saat itu pemain terebut telah menjadi pemain aktif dan pemain yang diganti telah keluar lapangan dan berhenti menjadi pemain aktif.
  • Penjaga gawang boleh berganti posisi atau peran denga pemain lain.

PELANGGARAAN DAN HUKUMAN

Jika pemain cadangan masuk ke lapangan sebelum pemain yang akan digantikannya meninggalkan lapangan secara sempurna maka:

  • Permainan sementara dihentikan.
  • Pemain yang diganti diperintahkan segera meninggalkan lapangan
  • Pemain pengganti diberi peringatan dan diberi kartu kuning serta diminta segera meninggalkan lapangan.
  • Permainan dilanjutka kembali dengan melakukan tendangan bebas tidak langsung buat tim lawan dengan menempatkan bola di posisi saat permainan dihentikan.

Catatan hukuman yang sama diberlakukan kepada pemain pengganti atau yang digantikan jika masuk atau meninggalkan lapangan tidak melalui area pergantian tim sendiri.

KETETAPAN

  • Pada permulaan permainan, setiap tim harus bermain dengan lima orang pemain.
  • Jika sisa jumlah pemain dalamsebuah tim kurang dari tiga orang (termasuk kiper) karena terkena kartu merah, maka pertandingan dihentikan. Tim ini dinyatakan kalah. Keputusan ini lazim ditentukan oalh peraturan pertandingan. Contoh: anda jumlah gol tim yang pemainnya terkena kartu merah diberikan kepada tim lawan.
  • Offisial tim dapat memberikan instruksi taktik kepada para pemainnya selama pertandingan berlangsung. Namun, offisial tim tidak boleh mempengaruhi pemain dan wasit serta  harus bersikap  sopan.

PERLENGKAPAN PEMAIN

KESELAMATAN

Seorang pemain tidak boleh menggunakan perlengkapan atau aksesori apapun yang dapat  membahayakan dirinya atau pemain lain.

Perlengkapan dasasr yang harus dikenakan oelh seorang pemain adalah sebagai berikut:

  • Seragam atau kostum yang diberi nomor (atau nama pemain di punggung)
  • Celana pendek, jika menggunakan stretch pants, warnanya harus sama denga celana.
  • Kaos kaki.
  • Pelindung kaki (shinguards) yang terbuat dari bahan karet, plastik atau bahan sejenisnya.
  • Sepatu yang sudah ditentukan harus terbuat dari kulit lunak atau sepatu gimnastik denga sol karet atau bahan yang sejenisnya. Penggunaan sepatu adalah wajib.

Catatan: wasit dapat mengeluarkan pemain yang menggunakan perlengkapan pengaman kaki yang tidak memenuhi standar perlindungan yang cukup buat pemain. (misalnya pengaman kaki dari kardus atau karton)

PENJAGA GAWANG

  • Penjaga gawang diperkenankan memakai celana panjang, di bagian luar harus ditutupi kaos kaki
  • Penjaga gawang harus memakai kaos yang warnanya berbeda denga pemain lain dan wasit agar mudah dibedakan.
  • Jika seorang pemain yang berada di luar lapangan ingin mengganti kiper, kaos yang dipakai kiper penganti harus sesuai nomor pemain pengganti tersebut.

Catatan: penjaga gawang boleh menggunak sarung tangan penuh atau terbuka separuh. Penggunaan pengaman lutut dan sikut juga diperbolehkan.

Untuk pertandingan international, nomor juga harustampak di bagian depan kostum dengan ukuran yang lebih kecil. Pemain tidak boleh mengenakan kaos dalam bertuliskan slogan atau iklan (akan menerima sanksi dari panitia pertandingan) kaos harus yang berlengan.

PELANGGARAN DAN HUKUMAN

Pemain yang melakukan kesalahan disuruh oleh wasit untuk meninggalkan lapangan, guna membetulkan perlengkapnnya tau melengkapinya. Sebelum memasuki lapangan terlebih dahulu melapor kesalah satu wasit yang kemudian memeriksa perlengkapan pemain tersebut. Pemain diperbolehkan masuk kembali ketika bola berada di luar permainan.

MEMULAI KEMBALI PERMAINAN

Jika wasit menghentikan sementara permainan untuk memberikan peringatan kepada pemain yang melakukan pelanggaran, permainan dimulai kembali denga tendangan bebas tidak langsung bagi tim lawan dari tempat bola berada saat wasit menghentika permainan.

(sumber: John D. Tenang, Mahir Bermain Futsal dan Materi Coaching Clinic Pelatih Futsal Jakarta 2006)

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: